ouyn7bxyFaag4m2JoFMaUf90bRL1PfElec3ecMzt
Bookmark

Cara Mudah Mengatasi Komentar SPAM di Blogspot dan WordPress

Cara Mencegah Komentar Spam pada Blogger dan Wordpress siapa diantara kalian yang muak liat komentar blog yang tidak jelas.

Nah, di kesempatan kali ini mimin berfikiran untuk membagikan tips supaya blog aman dari komentar yang spam, karena memang mimin lihat banyak sekarang komentar spam yang sangat mengganggu alih alih untuk mendapatkan backlink secara gratis.

Dimana yang seharusnya kolom komentar bertujuan untuk tanya jawab dan saling sharing antar pengunjung dan admin blog malah berubah menjadi tulisan yang ngga jelas alias ngawur dan tidak berfaedah sama sekali

mengatasi spam komentar di blogspot

Komentar Spam pada Blog

Menurut mimin sendiri, komentar spam adalah komentar yang berisi konten yang tidak relevan dengan artikel yang sedang dibahas, tidak berfaedah, dan berisi link yang tidak relevan dengan postingan yang ada.

Komentar spam di situs blog merupakan hal yang benar-benar menjengkelkan. Selain itu, dengan adanya spam ini memiliki dampak negatif pada situs blog kita karena akan meningkatkan persentase spam score.

Cara Mencegah dan Mengatasi Komentar Spam pada Blogspot

Cara termudah yang biasa mimin gunakan adalah dengan mengaktifkan fitur CAPTCHA pada kolom komentar blog.

Apa itu CAPTCHA?

CAPTCHA biasanya berupa kotak dialog yang meminta Anda memasukkan angka / kata atau memilih entri / gambar berdasarkan perintah.

Ini untuk membuktikan bahwa kita benar-benar manusia, bukan robot. Namun, penting juga untuk dicatat bahwa metode CAPTCHA ini dapat membuat sebagian pengunjung menjadi tidak nyaman karena memang lumayan ribet.

Dengan mengaktifkan fitur CAPTCHA ini akan mengharuskan kita untuk memasukkan beberapa perintah terlebih dahulu sebelum berkomentar. 

Oleh karena itu, kamu bisa juga menggunakan alternatif lain seperti menggunakan fungsi Moderasi untuk komentar yang masuk. Ini akan memakan waktu lebih lama karena kamu akan secara manual menyetujui komentar yang ingin ditampilkan atau tidak. Tetapi , ini merupakan jalan alternatif terbaik.


Cara Mencegah dan Mengatasi Komentar Spam di blog WordPress

Untuk platform WordPress sendiri akan lebih mudah dalam mengatasi masalah ini.

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan seperti menginstal plugin anti-spam seperti AKISMET atau menggunakan plugin anti-spam premium lainnya.

Saran mimin cukup gunakan plugin AKISMET ini sebagai toola anti spam komentar pada blog kamu. Karena plugin ini gratis dan mudah dalam penggunaan nya.

Walaupun gratis tetapi AKISMET ini cukup ampuh untuk menangkal komentar blog yang spam.

Nah mungkin sekian dulu tentang Cara Mencegah dan Mengatasi Komentar Spam Pada Blogspot dan WordPress jika ada hal yang ingin ditanyakan atau kurang jelas silahkan komentar dibawah.

Posting Komentar

Posting Komentar